Senin, 13 Desember 2010

Resume Kuliah ke 5 Pengantar Teknologi Informasi


COMPUTER SYSTEM

Sistem yang terdapat dalam komputer dibedakan menjadi Hardware dan Software. Software adalah Program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data. Secara sederhana, kompuer adalah mesin yang memproses data menjadi informasi, tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah.

Perangkat Lunak
Salah satu unsur komputer yang berperan penting dalam memproses data atau memecahkan masalah. Sedangkan hardware adalah Sebuah mesin yang tidak dapat melakukan tugas apabila tidak didukung oleh software.
Software merupakan sederetan instruksi  yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendak dan dibuat oleh vendor perangkat lunak.
Hal yang penting dalam software adalah program komputer, konsep yang terdapat dalam pkomputer, sistem pemograman dan programernya.Perangakt Lunak komputer terdiri dari dua konsep yaitu  sistem dan aplikasinya. Sistem berhubungan dengan keberfungsian dari komputer tersebut,sedangkan aplikasi berhubungan dengan hal menarik yang bisa dilakukan komputer itu sendiri. Perangkat Lunak Sistem terbagi menjadi 3:
1.      Sistem operasi
2.      Fungsi
3.      Devices (piranti)

Operating System (OS)
Operating System (OS) adalah sebuah program penghubung antara user komputer dengan hardware komputer yang terdiri atas kumpulan program yang dibuat oleh vendor dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware. OS berdasar pada American National Standard Institute (ANSI) dijelaskan sebagai Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta pelbagai bentuk layanan yang terkait.
Adapun tujuan dan Bagan Sistem Operasi dijelaskan sebagai berikut :
Tujuan
  1. Menyediakan atau menyiapkan kondisi agar pengguna dapat menjalankan program
  2. Untuk menggunakan hardware komputer  secara efisien
What are the functions of an operating system?
Ada tiga Fungsi Utama Sistem Operasi (OS) yaitu, Manajemen Proses yang mencakup persiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer, Manajemen Sumber Daya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh software sistem ataupun software aplikasi yang sedang dijalankan dan Manajemen Data yang berupa pengendalian terhadap data Input/Output termasuk dalam hal peng-alokasian piranti penyimpanan sekunder maupun memori utama.

UTILITAS (Utilities Programs)
Utility Program adalah System software yang menjalankan tugas-tugas maintenance, umumnya disebut Utility Program.  Yang termasuk utility program ini diantaranya :

File Manager yang menjalankan fungsi-fungsi seperti melakukan copy, memberi nama, menghapus, dan memindah file. 

Image viewer menampilkan isi dari file gambar ketika user melakukan double click
 
Personal Firewall yang berfungsi mendeteksi dan mengamankan personal computer dari instruksi-instruksi yang tidak dikenal (unauthorized instructions)

Disk Scanner mendeteksi dan mengkoreksi masalah pada hard disk atau floppy disk dan mencari atau menghapus file-file yang tidak digunakan.

Disk Defragment yang berfungsi mengatur ulang file-file dan space yang tidak digunakan pada hard disk sehingga program dapat berjalan lebih cepat

Diagnostic Utility yang berfungsi  untuk melakukan penyusunan informasi secara teknik tentang hardware dan beberapa software. Mempersiapkan laporan masalah secara terurai.

Backup Utility berfungsi melakukan duplikasi file-file yang dipilih atau seluruh hard disk ke disk atau tape. Umumnya melakukan compress files pada saat melakukan backup sehingga membutuhkan tempat lebih kecil
Screen Saver merupakan layar monitor menampilkan gambar bergerak atau layar kosong apabila tidak ada aktifitas untuk beberapa waktu

Device Driver adalah program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral dan merupakan perangkat lunak ini biasanya disediakan vendor yang memproduksi perangkat keras, Contoh: ketika memasang mod,em atau scanner, perlu menginstal device driver supaya perangkat keras tersebut dapat berfungsi dengan baik

Bahasa Pemograman adalah program yang digunakan untuk membuat program komputer, bahasa pemograman ini terdiri dari bahasa Tingkat Rendah, Bahasa mesin (assembler), bahasa ini menggunakan kode angka 0 dan 1 Contoh: Machine language dan Assemble Language, Bahasa Tingkat Tinggi, Bahasa mesin yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa manusia (Inggris) Contoh: Basic, Cobol, Fontran, dan Pascal, Bahasa Generasi Keempat, Bahasa pemograman yang berorientasi pada objek, contoh: Visual Basic, Delphi, dan Visual C++ .
           
Ada beberapa Jenis-jenis Software diantaranya :

Software Komersial yang bertujuan untuk dijual dan ada hak cipta

Software Domain-Public Sifatnya gratis dan berupa source code

Shareware digunakan untuk evaluasi dan tanpa source code, ada hak cipta dan ada yang tidak ada

Rentalware adalah jenis software yang disewakan dan ada hak cipta

Free Software adalah software yang dilengkapi dengan source code dan bersifat gratis/membayar dengan sangat murah 

Freeware bersifat gratis dan tanpa source code, bertujuan menarik peminat untuk membeli versi lanjutannya 

Open Source hampir sama dengan Free Software, hanya beda dalam hal filosofi dan terdapat hak-hak untuk pemakai, antara lain:
      Hak untuk membuat salinan program dan men-distribusikan salinan tersebut
      Hak untuk mengakses source code sebagai syarat untuk dapat melakukan pemodifikasian
      Hak untuk melakukan pengembangan program





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  REFLEKSI STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PERKULIAHAN Sumber gambar : http://larispa.or.id/berita/4-aspek-pembelajaran-dibutuhkan-pendidikan-...