Sabtu, 20 November 2010

KULIAH PTI 2

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI*

Prolog
Pada awalnya pengarsipan non digital dilakukan secara manual. Pemanfaatan mesin tik dianggap teknologi yang paling maju. Ketika teknologi sudah mulai berkembang, semua menjadi mudah. Istilah googling menjadi hal yang sangat familiar. Dengan metode ini informasi apa saja bisa diperoleh dengan waktu yang ekstra cepat. Lebih dari 9 miliar informasi dapat kita peroleh dari google. Perkembangan dunia maya memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan umat manusia. Berbagai dampak baik langsung ataupun tidak langsung, positif maupun negatif dari perkembangan teknologi ini berkembang bersamaan dengan perkembangan dunia.
Pertanyaan besarnya adalah persiapan apa yang telah diberikan pada generasi mendatang dalam mengimbangi perkembangan teknologi ini.
Pengertian Teknologi Informasi
Perlu dibedakan antara teknologi informasi dengan produk teknologi informasi (handphone, komputer, laptop, internet dll) . Teknologi adalah ilmu yg berkaitan dengan pengaplikasian, sedangkan informasi adalah data yang terstruktur hasil olahan. Teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai teknologi.
Perkembangan Teknologi Informasi :
1. Abad pertanian
2. Abad mekanik
3. Abad Informasi

*Kuliah Pascasarjana Teknologi Pembelajaran ( Dr. Hudiana Hernawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  REFLEKSI STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PERKULIAHAN Sumber gambar : http://larispa.or.id/berita/4-aspek-pembelajaran-dibutuhkan-pendidikan-...